Sejarah dan Perjalanan Karoseri Adiputro

pabrik perakitan karoseri adiputro

Sejarah dan perjalanan Adiputro dimulai pada tahun 1973. Pendiri karoseri adiputro merupakan kakak beradik. Awal lahirnya adiputro adalah ketika kakak beradik ini bekerja di bengkel otomotif. Mereka mengganggap pada saat itu kebutuhan kendaraan pengangkut barang lebih tinggi dibandingkan kendaraan angkut barang.

langkah pertama setelah adiputro berdiri yaitu mereka memodifikasi kendaraan pick up mitsubishi Colt T-120. Kendaraan itu dimodifikasi dari yang semula berfungsi sebagai pengangkut barang menjadi mobil penumpang. Dalam hal ini adiputro yang baru lahir masih bekerjasama dengan karoseri lain.

Jelas saja, langkah mereka membuat transportasi massal ini disambut baik oleh masyarakat luas. Penjualan melonjak pesat. Wajar saja karena pada saat itu memang industri transportasi massal memang sedang sangat dibutuhkan.

Selama 2 tahun yaitu pada tahun 1973-1975 kakak beradik ini fokus dalam memproduksi minibus yang menggunakan dasaran mobil pick-up. 2 tahun berlalu, pada tahun 1975 akhirnya karoseri Adiputro resmi berdiri. Karoseri ini memiliki berlokasi di Kota Malang.

Adiputro tetap komitmen dengan kualitas dibandingkan kuantitas. Itulah moto karoseri Adiputro ini. Oleh karena itu mereka berusaha meningkatkan mutu produksi dengan membeli mesin cetak body. Istilah yang digunakan oleh hasil dari pengerjaan menggunakan mesin yaitu full pressed body.

selain terus memproduksi bus dan minibus, mereka juga selalu meningkatkan kualitas. Momen bersejarah lainnya terjadi pada tahun1986. Kala itu mereka menggunakan cat oven sehingga dapat meningkatkan kualitas cat serta membuat warna awet. Selang 3 tahun mereka membuka gerai marketing di Jakarta dan membuka pabrik perakitan di kota Bekasi.

Tak lama setelah itu pada tahun 1994 Adiputro bekerjasama dengan Mercedes-Benz. Dalam kerjasama ini, Adiputro lewat teknisi terbaiknya terbang ke Stuttgart Jerman guna belajar pembuatan body kendaraan dan perakitan yang memiliki standar internasional.

Hingga saat ini tahun 2019, Adiputro masih tetap eksis bahkan sudah sangat dikenal di Asia sebagai salah satu karoseri terbaik dari Indonesia.

Berikut merupakan Bus garapan karoseri adiputro yang malang melintang di tanah air serta sangat terkenal:

  • Jetbus (HD, MD, CT, SHD, UHD, SDD Voyager (2019));
  • Setra 2000-2007;
  • New Setra;
  • Travego;
  • Marcopolo;
  • Neopolan, dll.



0 Response to "Sejarah dan Perjalanan Karoseri Adiputro"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel